Minggu, 11 Oktober 2009

Jenis - jenis Lobster Air Tawar

Hingga saat ini, beberapa jenis lobster sudah dibusidayakan di Indonesia, baik sebagai lobster konsumsi maupun lobster hias. jenis-jenis tersebut diantaranya lobster air tawar capit merah atau redclaw, Yabby, clarkii, dan lobster air tawar species Indonesia.

Lobster Capit Merah Atau Redclaw
Lobster air tawar capit merah merupakan salah satu species endemik dari kelompok udang yang pada awalnya hidup dihabita alam, seperti sungai, rawa, atau danau yang ada dikawasan Queensland Australia. Selain sebagai Lobster komsumsi, capit merah juga cocok digunakan sebagai lobster hias karena memiliki warna tubuh yang bagus dan ukuran yang besar. ciri-ciri lobster ini tubuh hijau kemerahan dengan warna dasar bagian atas capit berupa garis merah tajam, terutama pada induk jantan yang telah berumur 7 bulan. Selain itu, memiliki duri-duri kecil yang terletak dia atas seluruh permukaan capit.


Lobster Clarkii
Lobster ini tubuhnya di dominasi oleh warna merah. Badan dan sebagian punggung lobster ini berwarna coklat. karena itu, lobster ini sering disebut red crayfish. Bagian kepala dan cangkangnya berwarna coklat dengan totol-totol merah yang terlihat menonjol.Lobster ini yang paling jarang mengalami molting (Ganti Kulit) karena pertumbuhannya yang lambat dan ukuran tubuhnya relatif kecil.Lobster redclaw berasaldari daerah Amerika Utara.Lobster capit merah bersifatagresif, rakus teritorial sehingga menjadi ancaman bagi hewan lain yang dipelihara dalam satu wadah.

Lobster YabbY
Lobster air tawar Yabby berasal dari negara bagian Australia. Lobster ini merupakan jenis omnivora, walaupun memiliki kecenderungan menyukai tumbuhan.Kebiasaan lain dari lobster ini adalah kemampuannya membuat tempat perlindungan dengan menggali lubang didasar perairan. Ciri spesifik lobster yabby adalah capitnya hampir sama besar dengan ukuran tubuhnya. Sementara itu, tubuhnya sendiri tergolong kecil jika dibandingkan dengan lobster air tawar jenis lain.


Lobster Air Tawar Species Indonesia
Ada 12 species dan 1 subspecies lobster air tawar yang terdapat di perairan Papua.Biasanya ukuran tubuh Lobster Papua lebih besar daripada lobster dari perairan Australia. Tubuhnya didominasi oleh warna coklat gelap dengan capit yang berukuran relatif kecil.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar